SHALAT SUNNAH MALAM DENGAN BERDIRI DAN DUDUK

Saudaraku kaum muslimin dimanapun kalian berada yang telah membaca artikel ini. Artikel ini menjelaskan tentang salat sunah malam dengan cara berdiri dan duduk yang dilakukan oleh nabi kita Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam sebagai mana yang telah dijelaskan dalam sebuah hadis
وكان صلى الله عليه وسلم يصلي ليلا طويلا قاعدا وكان إذا قرأ قائما ركعتين قائما وإذا قرأ قاعدا ركعتين قاعدا.
Nabi Sallallahu Alaihi Wa Sallam biasa sholat malam dalam waktu yang lama dengan berdiri dan juga sholat malam dalam waktu yang lama sambil duduk jika membaca surat atau ayat dengan berdiri maka beliau rukuk juga dengan berdiri dan jika membaca sambil duduk maka beliau pun rukuk sambil duduk . hadis ini diriwayatkan oleh Muslim dan Abu Daud.
Di dalam hadis yang lain dikatakan
وكان يصلي جالسا فيقرأ وهو جالس فإذا بقي من قراءته قدر ما يكون ثلاثين أو أربعين اية قام فقرأها وهو قائم ثم ركع ثم سجد ثم يصنع في الركعة الثانية مثل ذلك.
Artinya:
Beliau terkadang shalat sambil duduk lalu membaca ayat atau surat juga sambil duduk lalu apabila yang masih tersisa dari bacaan beliau seukuran 30 atau 40 ayat beliau bangun lalu meneruskan membacanya sambil berdiri kemudian rukuk dan sujud Kemudian beliau melakukan hal yang sama pada rakaat kedua. hadis ini diriwayatkan oleh al-bukhari dan Muslim .
Hanya saja
صلى السبحة قاعدا في آخر حياته لما أسن وذلك قبل وفاته بعام
Beliau shalat Sunnah sambil duduk tersebut di akhir hayat beliau ketika sudah mulai menua dan itu setahun sebelum wafat beliau Shallallahu Alaihi Wasallam.
Para pembaca yang dimuliakan oleh Allah subhanahu wa ta'ala Adapun cara duduk Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam banyak sekali cara duduk Nabi Shallallahu salam yang di ajarkan yang telah dijelaskan oleh para ulama ada Sebagian ulama yang mengatakan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam duduk seperti duduk dalam sholat ada juga yang mengatakan duduknya Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam dengan bersila dalam melaksanakan sholat duduk dan lihat dalam hadis yang diriwayatkan oleh An Nasa'i dan Ibnu khuzaimah dalam shahihnya serta Abdul Ghani al-maqdisi dalam as Sunan demikian juga oleh Al Hakim Dan dia menilainya Shahih dan disetujui oleh adz-dzahabi.

               Penulis:
Muhammad nur sumbi

Komentar